Selasa, 26 November 2013

Komponen Abiotik Mempengaruhi Komponen biotik di Palembang berdasarkan Pengamatan "Akuntansi B"

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, tetapi manusia membutuhkan interaksi dengan lingkungan sekitar. Sebagai manusia normal, kita pun hidup bersama manusia lainnya. Masing-masing melakukan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti makan, bergerak, dan berkembang biak. Tumbuhan pun melakukan fotosintesis dan bernapas untuk mempertahankan hidupnya. Begitu pula dengan hewan, mereka melakukan banyak aktivitas demi kelangsungan hidupnya. Semua makhluk hidup saling berinteraksi dan tidak dapat dipisahkan dengan lingkungannya. Selain makhluk hidup, juga terdapat udara, air, tanah, dan cahaya yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Sebagai contoh, cacing tanah yang banyak terdapat di tanah lembab. Tanah lembab memiliki ciri-ciri seperti kadar air, suhu, kelembapan, dan kandungan zat organik yang sesuai dengan kebutuhan hidup cacing tanah. Di dalam tanah, cacing tidaklah hidup sendiri tetapi bersama makhluk hidup lain, misalnya berbagai bakteri, tumbuhan paku, semut, lumut, dan sebagainya. Semua makhluk hidup itu termasuk manusia dan hewan merupakan komponen biotik dalam ekosistem. Sebaliknya, semua yang bukan makhluk hidup merupakan komponen abiotiknya. 

Lalu, komponen abiotik yang mana yang mempengaruhi komponen biotik di daerah Palembang? Salah satu atau lebih dari satu? Atau mungkin semua komponen abiotik berpengaruh pada komponen biotik yang ada di Palembang? 

Apa yang dapat kita lakukan terhadap komponen abiotik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam dan yang lainnya?

Tuliskan pendapatmu pada kolom komentar!

20 komentar:

  1. Menurut saya yang semestinya kita lakukan yaitu melestarikan apa yang menjadi pendukung hidup kita saat ini, seperti tanah, air dan udara. Kalau tanah, kita jangan membuang sampah sembarangan, begitupun air, kita harus memanfaatkannya se-efisien dan se-efektif mungkin dan menjaga kualitas air yang baik dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang limbah organik maupun anorganik.. selain itu kita juga harus menjaga kualitas udara, karena udara merupakan komponen penting bagi kehidupan kita dimana sebagai sarana untuk kita bernafas, maka dari itu kualitas udara yangbaik sangat kita butuhkan, bayangkan jika kualitas udara di kota Palembang sebaik kota Pagaralam maka akan membuat kita sanagat nyaman untuk bernafas, tidak seperti kenyataan sekarang yang mana polusi dari pabrik, kendaraan maupun rumah tangga merajalela.

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya semua komponen abiotik sangat berpengaruh dalam hal menunjang kehidupan khususnya di kota Palembang.
    air, tanah, cahaya, dan udara merupakan komponen-komponen yang amat penting di dalam hal menjaga keseimbangan hidup, untuk itu kita manusia sebagai salah satu komponen biotik yang mempunyai akal pikiran dan sebuah ide, seharusmya yang dapat kita lakukan demi kelestarian kehidupan ialah dapat dimulai dari hal-hal kecil, misalnya membuang sampah pada tempatnya bukan ke sungai, mendaur ulang sampah plastik yang dapat dijadikan pendapatan, dan mengurangi kebiasaaan untuk mengendarai kendaraan pribadi sehinggga dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi kendaraan.
    maka dari itu mulailah dari diri sendiri untuk menciptakan lingkungan yang nyaman untuk kelangsungan hidup dan menjaga keseimbangan alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu berbicara seperti ekonom haha :D
      but it's good.. saya setuju

      Hapus
  3. Menurut saya, semua komponen abiotik yaitu tanah, air, udara, dan cahaya memiliki peranan masing-masing dalam ekosistem Palembang. Semua komponen abiotik tersebut juga sangat mempengaruhi komponen biotik yang ada yaitu hewan, tumbuhan, dan semua masyarakat Palembang. Sudah menjadi ciri khas bahwa Palembang terkenal dengan sungai Musinya. Namun sayangnya, sungai yang besar dan panjang tersebut sudah tercemar. Dapat kita lihat dari warnanya yang kecoklatan dan banyak sampah mengapung di permukaannya. Untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem sungai Musi tersebut, sebaiknya masyarakat tidak lagi membiasakan diri membuang sampah ke sungai. Lalu tanah, Palembang memiliki topografi tanah relatif datar dan rendah. Hanya sebagian kecil wilayah kota yang tanahnya terletak pada tempat yang agak tinggi, yaitu pada bagian utara kota. Sebagian besar tanah adalah daerah berawa sehingga pada saat musim hujan daerah tersebut tergenang.Jadi tanah sangat berpengaruh pada komponen biotik. Kemudian udara, keadaan udara di Palembang cukup memprihatinkan karena banyaknya kendaraan yang meyebabkan polusi udara. Hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya adalah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum yang sudah disiapkan seperti transmusi. Terakhir cahaya, yang dimaksud cahaya di sini adalah cahaya yang berasala dari matahari. Kota Palembang di siang hari pada musim panas sangatlah menyengat. Jadi cahaya juga sangat berpengaruh pada masyarakat(manusia), hewan, dan juga tanaman.

    BalasHapus
  4. Menurut pendapat saya, komponen abiotik seperti air, tanah, udara, merupakan faktor penentu bagi kebersihan lingkungan hidup masyarakat Palembang dan makhluk hidup lainnya di kota Palembang. Baik buruknya tergantung pada pengolahan masyarakat Palembang itu sendiri. Jika masyarakat Palembang dapat memanfaatkannya dengan baik disertai perhitungan untuk kelestarian alam bagi hidup di masa yang akan datang, lingkungan di sekitar kota Palembang ini akan menjadi baik bahkan lebih baik bagi kelayakan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Sebaliknya alam akan rusak atau memburuk jika pengolahannya dilakukan tanpa kesadaran akan kepentingan untuk hidup di masa depan, khususnya bagi generasi berikutnya di kota Palembang.

    BalasHapus
  5. Lingkungan merupakan bagian terpenting dan mendasar dari kehidupan manusia. Menurut saya, air, tanah, cahaya, dan udara merupakan komponen abiotik yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan hidup yang sangat mempengaruhi komponen biotik (manusia, tumbuhan, dan hewan. Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan manusia berlangsung secara terus-menerus dan makin lama makin besar pula kerusakan yang ditimbulkannya. Kerusakan lingkungan yang disebabkan kegiatan manusia terjadi dalam berbagai bentuk seperti: pencemaran air, pencemaran udara, penebangan hutan untuk berbagai keperluan, dan sebagainya. Kita sebagai komponen biotik (masyarakat Palembang) harus menyadari akibat dari perbuatan kita akan berpengaruh pada keseimbangan hidup yang berangsur-angsur berdampak pada kehidupan dimasa depan. Menumbuhkan sikap cinta dan peduli lingkungan dalam diri setiap manusia merupakan upaya dalam menjaga keseimbangan alam, contohnya dari hal terkecil membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon(penghijauan)dilingkungan sekitar untuk mengurangi pencemaran udara dan bisa juga menjadi resapan air. Hal kecil seperti ini bisa kita lakukan demi terciptanya kehidupan yang lebih baik karena alam akan memberikan manfaat yang besar kalau kita memperlakukan alam dengan baik .


    BalasHapus
  6. Nama: Faradina Ayudhia Pratiwi

    Menurut saya, seluruh komponen abiotik memiliki pengaruh tertentu terhadap kelangsungan hidup komponen biotik. Tidak terlestarinya salah satu komponen abiotik tentu dapat mengganggu keseimbangan alam sekitarnya.
    Secara umum, masyarakat palembang dapat menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan sehingga tanah tidak tercemar dengan sampah plastik yang sulit terurai. Juga dengan tidak banyak melakukan kegiatan yang menghasilkan polusi udara seperti terlalu sering menggunakan kendaraan bermesin.
    Secara khusus, berhubung tempat yang berpengaruh di kota Palembang adalah Sungai Musi, maka menurut saya yang dapat dilakukan masyarakat palembang adalah menjaga kebersihan sungai musi dengan tidak membuang sampah maupun limbah yang dapat mencemari sungai, sehingga sungai dapat memberikan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat palembang berupa air yang bersih , lalu sungai dapat dijadikan sebagai penampung air hujan sehingga mengurangi resiko kebanjiran, juga menjadi tempat wisata yang lebih enak dipandang dibandingkan sekarang.

    BalasHapus
  7. 01031381320051
    Menurut saya banyak kasus di sekitar kita yang menunjukan bahwa komponen abiotik sangat berpengaruh terhadap kehidupan (manusia, tumbuhan dan hewan) . Air, tanah,kelembapan udara, cahay matahari, maupun suhu merupakan komponen abiotik yang besar pengaruhnya terhadap kehidupan organisme. Pada dasarnya semua kalangan masyarakat ingin mendapatkan kenyamanan yang layak atas tempat tinggalnya, tapi kurangnya kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan membuat lingkungan justru mengancam kehidupan meraka. Contohnya saja warga palembang kurangnya tingkat kesadaran akan kesehatan. Disini masyarakat sangat berperan penting akan kelangsungan hidupnya sendiri. Mungkin ada baiknya jika warga palembang sejak dini lah menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan contonya dengan tidak membuang sampah pada aliran sungai musi karena penumpukan sampah yang terus menerus akan mengendap dan akan mempengaruhi kehidupan biota dibawah air. Mengurangi pembakaran sampah dan kendaraan yang berpolusi. Bayangkan jika beberapa tahun kedapanya udara bersih sulit didapat, bahkan warga harus membeli oksigen yang bersih padahal udara itu sendiri diciptakan untuk dinikmati setiap makhluk hidup. Tidak menebang pohon dan memperhatikan tata letak pembangunan didearah palembang itu sendiri karena kurangnya akan daerah resapan air dapat terjadi tanah longsor akibat penipisan lapisan tanah dan keadaan tanah yang lunak. Penebangan pohon juga tidak hanya membuat tanah longsor tetapi juga berdampak pemanasan global, pemanasan global tidak hanya membahayakan kita makhluk hidup saja tetapi bumipun ikut mendapatkan dampak dari hal tersebut karena menipisnya lapisan atmosfer bumi, jika bumi sudah tua kemana lagi kita bisa tinggal?,Jadi alangkah baiknya jika kita sebagai warga palembang harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pernanan abiotik terhadap biotik dengan menciptakan lingkungan yang sehat.

    BalasHapus
  8. Menurut saya, pada dasarnya komponen biotik dan abiotik itu saling mempengaruhi terhadap lingkungan sekitarnya seperti air, udara, tanah dan cahaya. sebagai contoh air, air merupakan sarana yang amat penting bagi kehidupan makhluk hidup. bumi ini terdiri atas 70% air tanpa air tidak akan ada makhluk yang bisa hidup. kerusakan lingkungan banyak diakibatkan oleh manusia,manusia seakan tidak menyadari akan pentingnya keseimbangan hidup. bahkan pencemaran air saja sudah termasuk aktivitas bagi masyarakat palembang. sungai musi sebagai ikon kota palembang ini merupakan tempat mereka membuang sampah baik sampah organik maupun anorganik. jika saja masyarakat sekitar dapat menjaga dan melestarikannya pasti sungai ini tidak akan tercemar

    BalasHapus
  9. hahaha boleh apo ngomen pake NIM wkwk

    BalasHapus
  10. menurut saya semua komponen abiotik sangat mempengerahui komponen biotik. misalnya air sangat berpengaruh penting untuk keperluan hidup masyarakat palembang pada umumnya. selain itu sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup tumbuhan maupun hewan, maka dari kita sebagai komponen biotik harus bisa menjaga air biar tetap bersih dan memanfaatkan air dengan seefisien mungkin.
    kemudian tanah, disini tanah sangat berpengaruh penting untuk kelangsungan semua mahkluk hidup. kita harus menjaga agar tanah di palembang ini tetap terjaga dan terhindar dari bahaya. Salah satu caranya dengan tidak mengurangi daerah peresapan air agar kontras air dan tanah dapat seimbang sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi makhluk hidup.
    selanjutnya udara, seperti yang kita ketahui udara di palembang saat ini sudah tidak segar lagi, sekarang udara di palembang ini sudah penuh dengan polusi akibat dari kendaraan dan pabrik-pabrik di daerah palembang. sebaiknya dengan tingat penduduk yang kian lama kian padat ada baiknya warga palembang harus memperhatikan pulosi dari asap kendaraan, karena semakin banyaknya kendaraan pribadi dan pabrik-pabrik di wilayah palembang maka semakin tidak sehatnya udara yang kita hirup. maka dari itu kurangi penggunaan kendaraan dan pabrik-pabrik yang tidak ramah lingkungan.
    Terakhir cahaya matahari, karena palembang ini termasuk daerah tropis maka dari itu sinar matahari sangat berguna dalam kelangsungan hidup warga setempat, apalagi seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas penduduk palembang berdagang kerupuk dan disini matahari sangat berguna untuk membantu usaha-usaha mereka.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Semua komponen abiotik penting bagi komponen biotik. Kedua komponen
    ini saling mempengaruhi. Komponen-komponen abiotik tersebut memiliki
    peran-peran tersendiri yang dapat berguna serta harus dikelola dengan
    baik oleh komponen biotik. Untuk komponen air contohnya saja,
    memengaruhi komponen biotik disekitarnya, seperti kehidupan biotik
    disekitar sungai Musi. Penduduk sekitar menggunakan Sungai Musi
    sebagai sarana transportasi, tempat wisatawan, sumber mencari nafkah
    dll. Komponen tanah diperlukan untuk menjaga kestabilan ekosistem di
    Palembang. Banyak hal yang bisa kita lakukan demi menjaga kelestarian
    komponen abiotik tersebut. Seperti tidak membuang sampah sembarangan
    terutama di selokan, bendungan dan sungai. Membuang sampah disana
    dapat mengakibatkan banjir yang bisa mengganggu kestabilan ekosistem
    seperti kehidupan di tanah. Seerta dapat mengakibatkan air sungai
    menjadi keruh, mengganggu kestabilan ekosistem di air. Kita dapat
    menanam pohon disekitar tempat tinggal kita. Pohon dapat menyerap air
    hujan untuk mencegah banjir serta menjaga kelestarian lingkungan
    sekitar.

    BalasHapus
  13. Indah oktasari 01031381320032
    Menurut saya komponen abiotik yang ada di daerah yg sanga5 berpengaruh adalah seluruh komponen abiotik seperti tanah air udara api juga demikian. Sungai musi yang ada di palembang di gunakan sebagai sumber air bagi kehidupan kita sehari2. Udara, siapa yang tidak butuh udara, setiap orng pasti memerlukan udara. Seperti juga layaknya tanah, tanah sebgai media yang di gunakan unt7k menanam pohon agar lingkungan kita tetap asri, terhindar dari banjir, hijau, teduh dsb. Jika kita sebagai komponen biotik mengotori sungai mencemarinya dengan membuang limbah ke sungai, tentu saja kita yang terkena dampaknya, seperti banjir dan merebaknya penyakit. Jadi setiap komponen abiotik dan biotik salig mempengaruhi

    BalasHapus
  14. Nama: Ellein

    Menurut saya, air merupakan salah satu contoh komponen abiotik dalam ekosistem, air sangat berguna bagi makhluk hidup. tumbuhan sangat memerlukan air, misalnya untuk bahan baku fotosintesis, akar tumbuhan menembus ke dalam tanah untuk menyerap air dan zat-zat hara. jika tanah mengandung cukup air maka, tumbuhan akan tumbuh subur, sebaliknya jika tumbuhan kekurangan air, tumbuhan tidak akan tumbuh dengan baik. selain berguna bagi tumbuhan, air juga berguna bagi hewan dan manusia. hewan memerlukan air untuk minum. bagi hewan air seperti udang, ikan, dan ketam; air merupakan tempat tinggal bagi mereka, manusia memerlukan air untuk berbagai keperluan, seperti minum, memasak, mandidan mencuci.

    BalasHapus
  15. menurut saya komponen abiotik sangat penting untuk kelangsunan hidup, oleh karena itu kita harus melakukan beberapa upaya untuk menjaga keseimbangan timbal balik komponen biotik dan abiotik, upaya upaya tersebut yaitu

    Upaya untuk menjaga kebersihan air
    1. Mendaur ulang barang bekas
    Barang-barang yang tidak didaur ulang sering dibuang ke air seperti sungai atau laut. Misalnya Anda membuang puntung rokok sembarangan. Benda ini memberi efek yang buruk pada air dan tanah. Maka dari itu daur ulang bahan bekas yang Anda miliki?

    2. Minimalkan penggunaan bahan kimia
    Ketika bahan kimia larut ke dalam air, mereka dapat menghancurkan ekosistem. Zat kimia yang ada di air bisa menghancurkan alga yang merupakan makanan plankton.

    3. Buang bahan kimia dengan benar
    Bahan berbahaya seperti cat, oli motor dan kimia dengan benar. Jangan buang di sungai yang dapat mencemarkan air serta kehidupan masyarakat. Masih banyak makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya dari sungai.
    4. Mengurangi penggunaan air
    Kurangi penggunaan air Anda untuk menjaga pasokan air bersih. Penggunaan air yang tidak bertanggung jawab dapat menyebabkan kekeringan. Jangan mandi terlalu lama dan matikan keran setelah Anda selesai mandi. Ketika membersihkan mobil, sebaiknya gunakan ember untuk mengisi air.

    5. Menjaga lingkungan
    Bersihkan sampah di sepanjang sungai, pantai, atau di sepanjang jalan-jalan kota atau jalan raya.

    6. Menanam pohon
    Hutan di sepanjang aliran air juga bertindak sebagai penyaring, sehingga melestarikan atau penanaman pohon di sepanjang sungai dan sungai juga dapat membantu untuk menjaga saluran air bersih. Tanaman hijau berperan dalam mencegah polusi udara, tanah dan air

    Upaya untuk melestarikan tanah
    1.Menggunakan pupuk kimia secara bijaksana.
    Pupuk memang bertujuan untuk menambah unsur hara dalam tanah. Akan tetapi jika penggunaannya berlebihan, justru akan menimbulkan pencemaran pada tanah dan air oleh zat kimia. Penggunaan pupuk organik seperti pupuk kompos dan pupuk kandang lebih aman karena risiko pencemarannya jauh lebih sedikit .

    2.Membuat sengkedan/terasering pada tanah miring.
    Tujuannya untuk mencegah erosi. Apabila tanah sangat miring, harus ditambahkan penguat seperti tumpukan batu atau pohon besar. Daerah yang tanahnya tidak subur sebaiknya ditanami kacang-kacangan untuk menambah unsur nitrogen dalam tanah.

    3.Mengusahakan agar permukaan tanah selalu tertutup oleh tanaman
    Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan tanah akibat sinar matahari, longsor, dan banjir.

    4.Penghijauan pada tanah-tanah yang tidak diolah
    Hal ini dilakukan agar tanah tidak menjadi gersang.


    5.Penertiban pembuangan sampah sembarangan
    karena dapat mencemari tanah, air, dan udara. Sampah-sampah yang dapat didaur ulang harus didaur ulang.

    6. Penertiban pembuangan limbah industri yang mengandung logam berat dan bahan-bahan yang sulit hancur
    Limbah seperti ini perlu penanganan khusus dari tim-tim ahli kimia industri dan tidak boleh dibuang ke sembarang tempat, karena dapat mencemari lingkungan dan biasanya berefek sangat besar pada kesehatan manusia.

    BalasHapus
  16. Bella Rizkhyana (01031381320053)

    Menurut saya, seluruh komponen abiotik pada dasarnya mempunyai peran masing-masing dipalembang seperti air, udara, tanah, dan cahaya untuk kelangsungan hidup masyarakat.mtetapi sayangnya manyak komponen abiotik yang telang tercemar seperti halnya air, air dipalembang seperti sungai musi sudah tercemar akibat sampah sampah masyarakat dikota palembang, sehingga air yang seharusnya digunakan untuk keperluan masyarakat harus diolah kembali sebelum dipakai, seharusnya kita harus menggolakkan jangan buang sampah idisungai karena akan mengakibatkan pencemaran air sungai dan merusak komponen biotik lainnya, seperti industri yang letaknya dipinggiran sungai seharusnya limbahnya harus diolah lagi sebelum mencemari air.b

    BalasHapus
  17. Dwi Suciati Apriliane (01031281320042)16 Desember 2013 pukul 06.17

    Menurut pendapat saya, seluruh komponen abiotik seperti cahaya,udara, tanah dan air semuanya saling bergantung sama lain. Jika kita lihat komponen abiotik yang paling berpengaruh di kota Palembang adalah air, karena kota Palembang dikenal dengan sungai musi nya yang menjadi salah satu alat pemenuh kebutuhan. Air merupakan kebutuhan pokok manusia dalam memenuhi kebutuhan seperti memasak,mencuci,minum dan sebagai nya. Tetapi jika kita melihat keadaan warga yang menetap di sekitar sungai keadaan nya sangat miris. Masyarakat sekitar masih enggan menjaga sungai, yang ditandai dengan banyak nya sampah yg tergenang, selain itu masih kurang nya peran serta pemerintah dalam pelestarian sungai ini. Sebaik nya kita harus saling menjaga dengan tidak membuang sampah ke sungai, meminimalisir limbah dari pabrik agar tidak di buang ke sungai tidak hanya warga sekitar sungai melainkan kita semua warga kota Palembang guna mencegah terjadinya bencana alam, penyakit menular dan sebagainya.Selain menjaga sungai, kita juga bisa memanfaatkan limbah seperti plastik,menjadi tas untuk kepasar, daun kering untuk dijadikan pupuk kompas dan sebagainya.

    BalasHapus