Selasa, 29 Oktober 2013

Afif Fatri Pratama (01031281320044)



Penyebab Kerusakan Sungai Musi dan Cara Penganggulangannya

                Penyebab utama kerusakan pada sungai musi adalah ulah manusia. Beberapa ulah manusia itu diantaranya adalah pencemaran sungai dengan limbah dan perusakan DAS di bagian hulu. Pencemaran sungai dengan limbah ini dapat berupa limbah industri dan limbah rumah tangga. Limbah industri pada umumnya disebabkan oleh industri karet, sawit, dan pengolahan kayu. Limbah-limbah tersebut dapat mengakibatkan air sungai menjadi keruh dan kotor dan akhirnya akan menyebabkan banyaknya ikan di sungai yang mati. Hal tersebuttentusangatmerugikanmasyarakatterutamanelayan yang menjalaikan di sungaikarenajumlahikantangkapanmerekaakanmenurun. Tidakhanyaitusungai pun dapatmenjaditidaksehatdikarenakanlimbahtadidandapatmembawapenyakitbagimasyarakatsekitar. Padalimbahrumahtanggaumumnyaadalahpembuangansampahsembarangankesungai. Hal initentusajaakanmenyebabkan air sungaimenjadikotordantidaksehat. Bahkanbisasaja air sungaimusimenjaditidaklayakkonsumsilagiapabilahaliniberlanjut
                Perusakan DAS yang banyakterjadi di daerahhulusungaiterjadikarenapenebangan liar yang dilakukanolehpihak yang tidakbertanggungjawabdanalihfungsilahanalami .Akibatdariperusakandaerahaliransungaiiniadalahbanjir, longsor, dansedimentasi yang dapatmengakibatkanpendangkalansungai.
                Dari berbagaimacamkerusakansungai yang disebabkanolehmanusiatadiadabeberapaupaya yang dapatkitalakukanuntukmembenahinyadanmencegahkerusakanlebihlanjut. Yaitu
1.       Mulailahdaridirisendiriuntuktidakmembuangsampahsembaranganterutamapadasungai, dalamkasusiniadalahsungaimusi, karenasungaimemilikiperan yang pentingdalamkehidupanmanusia.
2.       Melakukanreboisasi di daerahaliransungai agar sungaitetapterpeliharadantidakmengalamipendangkalanpadabagianhilir.
3.       membersihkanterlebihdahululimbahindustrisebelumdibuangkesungai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar