Selasa, 29 Oktober 2013

Muthmainnah Azzahra

DAMPAK NEGATIF MANUSIA TERHADAP SUNGAI
  
 Sungai merupakankhazanahanugerahTuhan yang tidakternilaiharganya.Namunapa yang kitaketahuiialahkeindahannyatelahdimusnahkanolehkeserakahanmanusia yang mengeksploitasinya..  Seterusnya, pencemaransungai yang semakinmenjadi-jadiiniakanmengurangiindustripelanconganbaginegarakita. Hal inidisebabkanolehtumpahanminyakdansampah-sampahpadasungai yangmenyebabkanbau yang tidaksedap
     Manakala, kesanpencemaransungaidariaspeksosialialahpencemaransungaiiniakanmengakibatkanterancamyakehidupan air Selainitu, pencemaransungaiinijugaakanmengganggukestabilanrantaianmakananbagihidupanakuatik di sungai.Berikutiniadalahbentukpencemaranmanusiaterhadapsungai yang kerapterjadi
1.PencemaranPemukiman,Limbahpemukimanmengandunglimbahdomestikberupasampahorganikdansampahanorganiksertadeterjen. Sampahorganikadalahsampah yang dapatdiuraikanataudibusukkanolehbakteri.Contohnyasayur-sayuran, buah-buahan, daun-daunan.Sedangkansampahanorganikcontohnyaplastikdankaleng.Sampah-sampahinitidakdapatdiuraikanolehbakteri (non biodegrable).
2.LimbahPertanian,Pupukdanpestisidabiasadigunakanparapetaniuntukmerawattanamannya. Namunpemakaianpupukdanpestisida yang berlebihandapatmencemari air.
Limbahpestisidamempunyaiaktifitasdalamjangkawaktu yang lama danketikaterbawaaliran air keluardaridaerahpertanian, dapatmematikanhewan yang bukansasaransepertiikan, udangdanhewan air lainnya.Pestisidamempunyaisifatrelatiftidaklarutdalam air, tetapimudahlarutdancenderungkonsentrasinyameningkatdalamlemakdansel-seltubuhmahlukhidupdisebut Biological Magnification, sehinggaapabilamasukdalamrantaimakanankonsentrasinyamakintinggidan yang tertinggiadalahpadakonsumenpuncak (tingkattrofiktertinggi). Bilaterjadipencemaran di air, makaterjadiakumulasizatpencemarpadatubuhorganisme air.Akumulasipencemarinisemakinmeningkatpadaorganismepemangsa yang lebihbesar.

3.LimbahIndustri, Beberapaindustrimenghasilkanlimbahorganikdanadapula yang menghasilkanlimbahanorganik. Limbahorganik yang dibuangkesungaidapatdiuraikanolehmikroorganisme di sepanjangsungaisehinggasemakinkehilirsungaikandunganlimbahnyasemakinmenurun.Akan tetapi, limbahanorganiksebaliknya.Padaumumnyalimbahindustrimengandunglimbah B3, yaitubahanberbahayadanberacun.Limbahindustri yang berbahayaantaralain yang mengandunglogamdancairanasam. Contoh :Merkuri (Hg).
4.LimbahPertambangan, Limbahpertambangansepertibatubarabiasanyatercemarasamsulfatdansenyawabesi, yang dapatmengalirkeluardaerahpertambangan. Air yang mengandungkeduasenyawainidapatberubahmenjadiasam.Limbahpertambangan yang bersifatasambisamenyebabkankorosidanmelarutkanlogam-logamsehingga air yang dicemaribersifatracundandapatmemusnahkankehidupanakuatik.



DAMPAK PENCEMARAN SUNGAI

Pencemaransungaiakanmenyebabkanbanyakkerugianbagimanusiadalamjangkapendekmaupunjangkapanjang. Beberapakerugianygakanterjadijikakelestariankebersihansungaitidakdijaga : 

1. Mempercepatkematian biota yang ada di dalamnya, jika pun bisabertahanmakaakanterjadimutasidanjikadikonsumsiakanberakibatlangsungpadakesehatanmanusiaygmengkonsumsinya.

2. Mengurangi - bahkanmerusak - kualitasairnya, sehinggatidakbisadikonsumsisecaralangsung.

3. Ablasi (pengikisanoleh air) berupaerosi lateral (pengikisantepiansungai) akanmembawa material pinggirsungaiygdapatmenyebabkanpendangkalansungai, akibatnyajikaterjadihujanlebatmakasungaitidakdapatmenampungkapasitas air danmengakibatkanbanjir.

4. Hunian di bantaransungaiberpotensimenghilangkankealamiansungaikarena proses kehidupanrumahtanggamengganggukehidupansungai. Keheningan yang dibutuhkanoleh biota yghidup di dalamnyaakanterusik dg hirukpikukteknologiygdibawaolehkehidupanmanusiygmenghunibantaransungai. Lahandanseluruh biota daratygberada di bantaransungaiakanhilang dg dibangunnya rumah2, sementara biota daratbantaransungaiberhubunganlangsung dg biota sungai, jika biota bantaransungaihilangmakaotomatiskelestarian biota sungai pun akanhilang.

5. Kehidupanmanusiatidakterlepasdariperkembanganteknologidankeinginanuntukmelakukanhalinstan. Saatinirumahtanggatidakinginlagimenggunakanalatbantu proses kehidupanalami, tidaklagimenggunakantawasdanmenggunakan detergent sebagaialat bantu kebersihan, karena proses pembersihanmenggunakanbahanalamiakanmemakanwaktuyg lama sertatenagaygbesar.
 


DAMPAK  POSITIF MANUSIA TERHADAP SUNGAI
1. Menyeimbangkanrantaimakanan
Sampahorganik yang dibuangolehmanusiakesungaimenjadimakananikan-ikan.
2. Mengurangitumbuhan yang merugikansungai
Ecenggondokmerupakantumbuhan yang merugikansungaikarenadapatmengurangikadaroksigendalamsungaidanmengancamkehidupan biota sungai. Manusiabanyakmenggunakanecenggondoksebagaibahandasarkerjinanuntukanyaman, tasdll, sehinggajumlahtanamaniniberkurang
3. Memperindahpemandangansungai
Banyaksungai yang digunakansebagaitempatrekreasibiasanyamanusiabanyak yang melakukanpembangunantaman ditepisungaiuntukmemperindah pemandangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar