Selasa, 29 Oktober 2013

Cici Shintya (01031381320048)

Salah satu ikon kota Palembang yang terkenal ialah sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini berada dibawah jembatan Ampera dan terbentang luas sepanjang 750km ini menjadi salah satu tempat wisata yang berada di kota Palembang.
Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu kawasan Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang. Keberadaan Sungai Musi membelah Kota Palembang masih memberi citra tersendiri bagi warganya. Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu kawasan Seberang Ilir di bagian utara dan Seberang Ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat Kota Sungsang. Keberadaan Sungai Musi membelah Kota Palembang masih memberi citra tersendiri bagi warganya.
Di sepanjang sungai Musi banyak terdapat pemukiman penduduk yang kebanyakan adalah rumah rakit. Penduduk disekitar sungai Musi memanfaatkan sungai tersebut sebagai mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Sungai musi mempunyai peran yang sangat penting bagi masyarakat palembang dan sekitarnya terutama sebagai jalur utama perdagangan dan pemasok air terbesar di Sumatera Selatan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang juga memanfaatkan sungai Musi sebagai sumber bahan baku air untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk. Selain itu banyak pabrik industri disepanjang sungai Musi yang juga memanfaatkan keberadaan sungai tersebut.
Saat ini sungai Musi juga dimanfaatkan pemerintah Kota Palembang sebagai tempat wisata dan penyeberangan ke daerah terpencil di kota Palembang. Namun sangat disayangkan kebersihan sungai ini sudah tidak terjaga karena banyaknya sampah dan pencemaran industri, antara lain banyaknya limbah yang dibuang ke sungai dan bahkan tumpahan minyak yang menyebabkan kualitas dan kebersihan air menurun akibat bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalam limbah tersebut.
Kebersihan sungai Musi juga sangat berpengaruh bagi masyarakat sekitar kota Palembang serta ekosistem yang ada di sungai itu sendiri. Masyarakat yang memanfaatkan air bersih yang diolah dari sungai tersebut akan terkena dampak buruk terutama dalam kesehatan. Dengan banyaknya kandungan berbahaya dalam air, maka kesehatan manusia juga akan terganggu dan ekosistem yang ada di dalamnya juga akan berkurang bahkan mungkin punah karena zat kimia yang ada di sungai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar