Selasa, 29 Oktober 2013

Faradina Ayudhia Pratiwi (01031281320037)

SUNGAI MUSI DAN MANUSIA KOTA PALEMBANG

Fungsi sungai Musi
Sejak dulu sungai Musi memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat palembang, hanya saja pemanfaatannya saat ini telah berbeda. Dulu masyarakat palembang khususnya yang tinggal disekitar sungai menggunakannya sebagai pusat perdagangan , sebagai sumber air ,tempat memperoleh hasil sungai, dll. Sedangkan saat ini sungai Musi dijadikan sebagai sumber air dan tempat wisata air. Terbukti di sungai Musi banyak terlihat kapal-kapal, perahu motor (taksi ) yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin mengarungi sungai Musi maupun yang ingin menyebrang.
Keadaan Sungai Musi saat ini
Seperti yang kita ketahui bahwa tempat yang memiliki nilai manfaat seperti ini perlu dilestarikan agar pemanfaatannya bisa terus berlangsung.
Sayang sekali saat ini kelestarian sungai Musi tidak terjaga. Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumatra Selatan mengatakan bahwa pencemaran di Sungai Musi masih terus berlangsung, seperti pencemaran oleh sampah maupun kotoran. Saat ini tingkat pencemaran fecalcoli di Sungai Musi cukup tinggi.

Faktor utama yang menyebabkannya adalah banyaknya kotoran manusia atau hewan yang dibuang ke sungai kebanggaan masyarakat Kota Palembang ini. Bahkan saat ini pencemaran fecalcoli tidak hanya terjadi di perairan Sungai Musi saja, tapi telah meluas ke 12 titik sungai yang ada di Sumsel. Akibatnya, warna air Sungai Musi kini nampak keruh dan kotor. Dan jika pencemaran terus dibiarkan, maka air nya akan menjadi tidak layak konsumsi.
        Upaya penanggulangannya
Menurut saya ada beberapa tindakan yang bisa diambil pemerintah Sumsel guna melestarikan Sungai Musi, yaitu:
1.     Mensosialisasikan larangan membuang sampah , limbah, ataupun kotoran di sepanjang aliran sungai.
2.   Menggerakan tenaga pembersih untuk membersihkan sampah, limbah ataupun kotoran yang telah berada di sungai
3.    Memberlakukan sangsi bagi siapa yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan mengenai pelestarian sungai
Untuk melakukan penanggulangan seperti yang saya sebutkan diatas tentu akan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Namun saya rasa setimpal dengan apa yang akan didapat, yaitu : biaya penyulingan air dapat berkurang, tempat wisata kebanggan Palembang dapat terjaga, pengunjung akan bertambah karena nyamannya lingkungan wisata, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar