Selasa, 29 Oktober 2013

Monica Rosa Lina (01031381320041)



Hubungan Sungai Musi dengan Makhluk Hidup Lainnya

            Sungai musi ialah sungai yang terletak di provisi sumatera selatan, sungai ini membelah kota palembang menjadi dua bagian. Sungai yg memiliki panjang  750 km ini merupakan sungai terpanjang di pulau sumatera. Sejak zaman kerajaan sriwijaya hingga sekarang sungai musi digunakan sebagai sarana trasportasi. Terlihat dari banyaknya kapal-kapal dan perahu yang berlayar dengan membawa penumpang.
            Sungai indah yang dijadikan sebagai ikon kota palembang serta tempat wisata ini sayangnya tidak terawat dengan baik, banyak sampah yang berhanyutan disekeliling sungai serta air yang dulunya bersih telah berubah menjadi aliran sungai yang kotor bagaikan air susu berwarna coklat.
            Sungai ini merupakan berkah bagi masyarakat kota palembang, selain sebagai sarana transportasi air juga sebagai  salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat kota palembang, hal itu terlihat jelas dipiggiran sungai terdapat restauran terapung dan jenis kulier lainnya.
            Masyarakat sekitar hanya mengambil kekayaan yang terdapat dalam sungai tersebut, setiap harinya mereka memancing ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tanpa mereka sadari mereka telah mengurangi biota-biota yang hidup di dalamnya. karena banyaknya aktivitas yag berlansung disekitar, sungai ini menjadi kotor dan airnya tercemar. Disamping itu terdapat banyak industri seperti PT.PUSRI dan PERTAMINA yag terletak di pinggiran sungai membuang sampah industrinya ke sungai musi, hal ini sangat merusak da mencemari air sungai.
            Oleh sebab itu kita sebagai masyarakat kota palembang hendaknya menjaga da merawat kebersihan sungai musi, bukankah  tidak membuang sampah serta mecemari air sungai dapat memperindah kawasan sungai musi agar ikon kota palembang sebagai kota yang bari bisa terwujud dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar