Selasa, 29 Oktober 2013

Miftahgul Nur'Aini.K.S (01031381320038)



Sungai musi adalah Sungai yang terletak di kota Palembang. Sungai tersebut memiliki panjang sekitar 750KM yang membelah kota Palembang menjadi dua dan merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera. Sejak zaman kerajaan sriwijaya, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Sungai musi membelah Kota Palembang mmenjadi dua bagian, yaitu ilir di bagian utara dan ulu di bagian selatan. Sungai musi dan sungai lain nya membentuk delta di dekat Kota Sungsang.
sungai musi memiliki 8 anak sungai, yaitu sungai Komering, rawas, leko, lakitan, kelingi, lematang, semangus, dan ogan. Saat ini, sungai musi berada dalam kondisi yang kurang baik. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai seperti membuang sampah dari rumah-rumah yang ada di sekitar sungai musi dan dari masyarakat yang datang berkunjung menyebabkan sungai tersebut  menjadi tercemar. 

Akibatnya, penduduk yang berada di sekitar sungai musi yang mendapat imbasnya. Bukan hanya penduduk, tetapi hewan dan tumbuhan yang hidup di sungai musi pun banyak yang mati. Bagi anak-anak atau penduduk yang mandi di sungai musi, mereka akan terkena penyakit kulit karena percampuran bahan kimia dan sampah yang ikut mengalir bersama air sungai musi tersebut.
Untuk menanggulangi, sebaiknya pemerintah memberi sosialisasi terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar sungai musi untuk tidak membuang sampah di sungai dan mengadakan gotong royong untuk membersihkan aliran sungai di sekitar rumah mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar