Selasa, 29 Oktober 2013

Dwi Suciati Apriliane (01031281320042)



Masyarakat Kota Palembang dan Sungai Musi

Kota Palembang, kota ini dikenal dengan Pempek sebagai makanan ciri khas nya.  Jembatan ampera nya yang megah nan indah, yang menghubungkan antara sebrang ulu dan ilir. Serta sungai musi yang panjang dan mengaliri kota Palembang. Sungai ini menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini sebagai media perhubungan utama masyarakat. Selain menjadi sarana pariwisata, sungai ini juga menjadi prasarana masyarakat karena adanya pelabuhan boom baru, benteng kuto besak, dan museum Sultan Mahmud Badaruddin.
Sungai musi sangat penting bagi masyarakat palembang, karena sebagai salah satu alternatif sarana transportasi dan pariwisata. Hal ini dibuktikan dari banyaknya perahu motor yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin menyeberang dan banyaknya perahu - perahu yang membawa para pelancong baik pelancong luar negeri maupun dalam negeri.
Biasanya pengunjung sungai musi berdatangan ketika menjelang matahari terbenam sebab keindahan matahari terbenam inilah yang mereka cari dan suasana malam yang diterangi lampu-lampu di sekitar sungai musi.

Sungai musi menjadi tempat rekreasi untuk semua kalangan baik itu tua, muda bahkan anak-anak, termasuk wisatawan di luar kota palembang. Ketika bulan Agustus, tepatnya di hari peringatan kemerdekaan Indonesia, di sungai musi diadakan festival air, seperti perlombaan perahu (bidar) yang sudah terkenal samapi ke luar negeri, kontes menghias perahu, perlombaan berenang menyeberangi sungai dan banyak lagi perlombaan - perlombaan lainya.
Melihat dari sisi lain, sungai ini menjadi kebutuhan utama masyarakat. Terutama yang bertempat tinggal di pinggiran sungai. Selain sarana transportasi, masyarakat juga memanfaatkan air sungai untuk kebutuhan hidup seperti untuk memasak,mencuci,mandi, dan sebagainya. Masyarakat sekitar juga menangkap ikan sebagai mata pencaharian, baik untuk konsumsi sendiri atau di jual ke pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.  Padahal jika kita perhatikan, kondisi air sungai yang keruh dan banyak nya kotoran air yang mencemari sungai musi ini telah menggambarkan adanya pencemaran. Ditambah lagi dengan banyak nya limbah – limbah dari pabrik yang ada di sekitar sungai. Pencemaran ini di tandai dengan banyak nya eceng gondok di permukaan air. Tak jarang juga banyak ditemui ikan ikan yang mati karena limbah pabrik.
Ini berarti, keadaan sungai musi saat ini berada pada keadaan yang serius. Sebagai warga kota Palembang sudah sebaiknya kita menjaga kelestarian sungai kita. Agar terhindar dari berbagai bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar