Selasa, 29 Oktober 2013

Febi Dwi (01031281320041)



Sungai dan Kehidupan Manusia
Indonesia merupakan negara kepulauan , sehingga mempunyai sungai yang tergolong panjang dan lebar hanya terdapat di Sumatera, Kalimantan dan papua. Wilayah Sumatera Selatan terdapat sungai-sungai besar yang dapat dilayari sampai ke hulu, yaitu Sungai Musi, Ogan, Komering, Lematang, Kelingi, Rawas, Batanghari Leko, Calik dan Lalan. Sungai-sungai besar ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat sejak masa lampau berdasarkan bukti-bukti arkeologis yang tersebar di daerah aliran sungai. Sungai Lematang mengalir di tengah-tengah aliran-aliran sungai yang lain. Dilihat dari posisinya secara geografis, Sungai Lematang memiliki peran penting dalam jaringan komunikasi dan transportasi sungai di Daerah Batanghari Sembilan.
Sungai Lematang adalah sungai yang terletak di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Di sungai ini pernah diketemukan jenis perahu zaman dahulu yang disebut biduk.Dahulunya sungai ini sering dilewati kapal roda lambung yang menelusuri daerah dan singgah untuk menjual barang dagangan. Dari sinilah asal mula nama kota Lahat lahir, yaitu pada saat kapal meninggalkan daerah yang disinggahi maka orang setempat pulang dari pinggir sungai yang dalam bahasa Lahatnya Larat (pergi).
Sungai adalah tempat aliran air yang terkontrol. Kebutuhan air untuk kehidupan memang sangat penting. Air adalah salah satu kebutuhan untuk kita hidup. Tanpa adanya air, kita akan mengalami kesulitan untuk hidup. Bahkan kita bisa mati jika kekurangan air. Pepohonan juga akan mati jika tidak ada air dalam tanah. Selain itu, tanah juga akan mengering jika tidak ada sungai yang mengalir disekitarnya.
Dengan demikian, keberadaan sungai menjadi sangat penting bagi kehidupan bahkan sampai sekarang. Namun sayang, kita kurang begitu peduli dengan pelestarian dan kebersihan sungai disekitar kita. Sungai yang terawat serta terjaga kebersihannya akan membawa dampak positif bagi masyarakat yang hidup disekitarnya. Pada masyarakat pedesaan, air sungai masih digunakan untuk mencuci, mandi, sumber air minum dan juga pengairan sawah.  Sungai banyak digunakan untuk keperluan manusia seperti tempat penampungan air, sarana transportasi, pengairan sawah, pengendali banjir, ketersedian air, irigasi, tempat memelihara ikan dan juga sebagai tempat rekreasi. Dalam kegiatan sehari-hari, masyarakat menggunakan air sungai untuk hampir semua kegiatan rumah tangga. Mereka mencuci baju dan piring, mandi, dan juga minum menggunakan air sungai.
Tetapi jika air sungai itu telah tercemar karena ulah manusia sendiri, itu akan menimbulkan penyakit. Ada beberapa cara untuk menciptakan sungai yang sehat dan tidak tercemar, yaitu
1. tidak membuang sampah disungai
2. tidak membuang zat antiseptic atau pembasmi ke sungai
3. tidak memakai zat kimia untuk menangkap ikan di sungai
             Sungai dan manfaatnya bagi kehidupan manusia sangat penting sehingga harus kita jaga bersama. Kita harus menjaga agar sungai tidak kotor dan tidak tercemar sehingga mampu memberikan manfaat bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, mari kita jaga sungai kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar