Selasa, 29 Oktober 2013

Teza Novia Oriza (01031381320052)



Sungai dan manfaatnya  bagi kehidupan manusia tidak bisa di pisahkan. Secara tidak langsung kehidupan manusia ini sangat tergantung sekali dengan sungai, berbagai kegiatan untuk bertahan hidup dapat dilakukan di sungai. Dengan adanya sungai masyarakat dapat bertahan hidup hal ini tidak terlepas dari keberadaan air yang sangat diperlukan oleh manusia untuk bertahan hdup, tanpa ada air manusia tidak dapat bertahan hidup dimuka bumi ini.
Keberadaan sungai ini sangat berdampak besar bagi manusia bahkan dapat membawa kemakmuran bagi manusia itu sendiri. Air yang ada di dalam sungai dapat meresap kedalam tanah dan menjadi air tanah sehingga bisa membuat tanaman-tanaman di muka bumi ini menjadi subur. Sangat banyak manfaat lainnya dari sungai yang dapat memakmurkan manusia seperti hasil-hasil perairan yang bisa di konsumsi oleh manusia dan apabila dikelola dengan baik air sungai dapat juga digunakan untuk irigasi perntanian sehingga dapat memberikan hasil yang baik bagi kelangsungan hidup manusia.
Contoh salah satu keberadaan sungai di sekitar kehidupan manusia yaitu keberadaan sungai musi yang terletak di  Palembang, Sumatera Selatan. Sungai musi ini menjadi salah satu penopang hidup masyarakat palembang karena banyak kegiatan masyarakat palembang yang memanfaatkan keberadaan sungai musi seperti sebagai alat transportasi, sumber makanan, tempat untuk tinggal, bahkan telah dijadikan sebagai tempat pariwisata yang membawa kemakmuran bagi masyarakat sekitar. Begitu banyak manfaat yang di berikan sungai musi bagi masyarakat palembang oleh karena itu sebagai masyarakat kita tidak seharusnya mencemari sungai dengan berbagai tindakan yang tercela salah satunya tidak membuang sampah sembarangan di sungai musi tercinta.
Sungai dan manfaatnya bagi kehidupan manusia sangatlah penting sehingga sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaganya. Kita harus menjaga agar sungai tidak kotor sehingga mampu memberikan manfaat yang lebih bagi kehidupan kita dan kehidupan anak cucu kita di masa yang akan datang. Oleh karena itu, jagalah kebersihan sungai kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar